Selasa, 15 Maret 2016

Belajar PHP Array dan PHP Fungsi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hari ini saya belajar tentang PHP Array dan PHP Fungsi yang di bimbing oleh mas lucky.

Apa itu PHP Array ? Array adalah sebuah variabel yang memiliki banyak nilai di dalamnya. Jadi misalkan anda memiliki 50 buah data nama maka dari pada anda membuat 50 variabel sebaiknya anda membuat satu variabel array untuk menyimpan data tersebut.

Apa itu PHP Fungsi ? Fungsi (atau Function) dalam bahasa pemograman adalah kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, dan merupakan bagian dari program utama. Kita dapat membuat fungsi sendiri, atau menggunakan fungsi yang dibuat oleh programmer lain.


Menggunakan PHP Array :

1.  Saya di sini menggunakan rsort yaitu mengerutkan sebuah angka dari yang terbesar ke terkecil contohnya di bawah ini :


 Hasilnya :

2. Saya di sini menggunakan sort yaitu mengerutkan sebuah angka dari yang  terkecil ke terbesar seperti kebalikannya rsort contohnya di bawah ini :


 Hasilnya :

3. Saya di sini menggunakan suffle yaitu membuat hasilnya menjadi acak atau tidak sesuai urutan angka dan bila di refresh di di bagian hasilnya akan membuat urutan angka yang berpindah pindah atau acak.



Hasilnya :

4. Saya di sini menggunakan array_shift fungsinya menghapus array yang pertama di bawah ini  saya membuat array yang isi datanya adalah (4,6,2,22,11)



Hasilnya :

 Array yang pertama yaitu angka 4 tidak muncul.



5. Saya di sini menggunakan array_pop fungsinya sama seperti array_shifft juga untuk menghapus array tetapi array_pop menghapusnya array yang bawah.


Hasilnya :

Array yang terakhir yaitu angka 11 tidak muncul atau sudah terhapus.


Menggunakan PHP Fungsi (function) :

1. Saya di sisi menggunakan argumen fungsi yaitu saya membuat fungsi perkalian seperti contoh di bawah ini :

Hasilnya :

Kalau anda tidak percaya silahkan coba hitung dengan kalkulator hasilnya benar atau tidak.

2. Saya di sini membuat sebuah Fungsi login kalau login nya bershasil akan menampilkan sebuah ucapan. Saya membuat dua file PHP yang saya beri nama login.php dan welcom.php.

a. Tulisakan script ini dan simpan dengan nama login.php.


b. Tulisakan script ini dan simpan dengan nama welcom.php.


Hasilnya :

Isikan data sesuai ke ingan anda.

Setelah di klik Submit Query akan muncul seperti ini.



Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat bagi anda semuanya.

Wassalamualaikum Wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More